Kamis, 17 Desember 2009

VB.NET

Diposting oleh sri wahyuni di 05.11
Reaksi: 
VB.NET

Di pembahasan blog saya kali ini saya akan mengulas sedikit tentang VB.NET (Visual Basic .NET).

Apa itu Vb.net??
Visual studio.NET diciptakan untuk menjadi alat pengembangan yang komprehensif. Dengan kehadirannya, pengembangan aplikasinya yang dulunya membutuhkan waktu lama dan derajat kerumitan yang tinggi, seiring dengn perubahan zaman .net sekarang sudah secara cepat mampu menghasilkan program berupa XML Web service.
VB.Net merupakan sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berbasis object dan mampu secara cepat membuat program yang robust dan berbasiskan integrasi internet, yang dikenal dengan XML, Web service.
Microsoft visual studio.net itu sendiri mempunyai pengertian perangkat pengembangan Multi bahasa yang menyeluruh untuk membangun secara cepat dan memadukan XML Web Service dan aplikasi yang secara dramatis meningkatkan produktivitas serta di desain dengan integrasi yang dalam menggunakan standard internet dan protokol.
Adapun kelebihan VB.NET itu sendiri yaitu :
1. VB.NET mengatasi semua masalah yang sulit disekitar pengembangan
aplikasi berbasis windows.
2. VB.NET mempunyai fasilitas penanganan Bug yang hebat dan Real Time
Background Compiler.
3. Windows Form designer memungkinka n develover memperoleh aplikasi
dekstop dalam waktu singkat.
4. VB.NET menyediakan bagi Develover pemrograman data akses ActiveX
Data Object(ADO).
5. VB.NET menghasilkan “Visual Basic untuk Web”. Menggunakan form web
yang baru,dapat dengan mudah membangun Thin-Client aplikasi
berbasiskan web yang secara cerdas dapat berjalan di browser dan Platform
manapun.

I) .Net Framework

.Net Framework adalah model pemrograman dari platform .NET untuk membangun, menyebarkan, dan menjalankan XML Service dan aplikasi. Ia menyediakan lingkungan berbasiskan standard produksi yang tinggi untuk memadukan investasi yang ada dengan aplikasi service generasi yang akan datang.
.NET terdiri dari dua bagian utama yaitu : CLR dan gabungan kelas library termasuk ASP.NET untuk aplikasi web dan XML Web Service, windows forms untuk aplikasi klien dan ADO.NET.
.NET framework menyediakan lingkungan yang cerdas, mudah dikembangkan untuk membangun, menyebarkan dan menjalankan XML Service yang terdistribusi secara aplikasi atau biasa dikatakan bahwa .NET Framework memisahkan platform sistem operasi menjadi 2 layer, yaitu layer pemrograman dan layer eksekusi.

II) Common Language Runtime (CLR)
Kode yang dibuat menggunakan Visual Basic dan Visual C++ pada Visual studio.NET mempunyai jendela (Windows) yang sama, menggunakan metode CLR (Common Language Runtime). CLR menyediakan antar muka diantara kode dan system operasi, yang menyediakan manajemen memori serta sistem yang umum. CLR adalah jantung dari .NET. ia yang mengambil aplikasi .NET, mengkompilasinya ke kode Processor yang native dan menjalankannya. CLR berfungsi membantu aplikasi agar dapat berjalan dengan baik.


Sumber : - Liew Voon Kiong, Visual Basic Tutorial, 2004,
http://www.vbtutor.net/vbtutor.html
- Microsoft Corporation, MSDN library,2004.
http://msdn.microsoft.com/library

0 komentar:

Posting Komentar

 

Uny_Wahyuni Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review