Senin, 15 Februari 2010

TUGAS SISTEM OPERASI

Diposting oleh sri wahyuni di 04.24
Reaksi: 
SEJARAH PERKEMBANGAN DAN KELEBIHAN SISTEM OPERASI LINUX


Kali ini saya akan membahas tentang sejarah perkembangan dan kelebihan sistem operasi pada linux. Untuk memahami dan mengetahui lebih lanjut apa itu sistem operasi linux dan kelebihannya, kita terlebih dahulu harus mengetahui pengertian sistem operasi itu sendiri.

Dalam ilmu komputer sitem operasi itu sendiri adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

Seperti yang kita ketahui perangkat lunak linux pada zaman modern ini sudah tidak asing lagi bagi kita, linux adalah sistem operasi yang merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama yang bersifat unix. Secara teknis dapat dikatakan, Linux adalah suatu sistem operasi yang bersifat multi user dan multitasking, yang dapat berjalan di berbagai platform, termasuk prosesor INTEL 386 dan yang lebih tinggi. Sistem operasi ini mengimplementasikan standard POSIX. Linux dapat berinteroperasi secara baik dengan sistem operasi yang lain, termasuk Apple, Microsoft dan Novell.

Linux atau sering di sebut juga Kernel Linux pada mulanya ditulis sebagai proyek hobi oleh pelajar universitas Finland Linus Torvalds yang belajar di Universitas Helsinki, untuk membuat kernel Minix yang gratis dan dapat diedit. (Minix adalah projek pelajaran menyerupai UNIX dibuat untuk mudah digunakan dan bukan untuk digunakan secara komersial.) linux Versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan agustus dan dikeluarkan ke Internet pada September 1991, Kemudian pada bulan Oktober 1991 tanggal 5, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu 0.02 yang hanya dapat menjalankan bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler).

Istilah Linux atau GNU/Linux (GNU) juga digunakan sebagai rujukan kepada keseluruhan distro Linux (Linux distribution), yang di dalamnya disertakan program-program lain pendukung sistem operasi. Contoh program tersebut adalah server web, bahasa pemrograman, basis data, tampilan desktop (Desktop Environment) (seperti GNOME dan KDE), dan aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, Gnumeric. Distro Linux telah mengalami pertumbuhan yang pesat dari segi popularitas, sehingga lebih populer dari versi UNIX yang menggunakan sistem lisensi dan berbayar (proprietary) maupun versi UNIX bebas lain yang pada awalnya menandingi dominasi Microsoft Windows dalam beberapa sisi.

Sekarang Linux adalah sistem UNIX yang lengkap, bisa digunakan untuk jaringan (networking), pengembangan software, dan bahkan untuk sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternatif OS yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan OS komersial lainnya, dengan kemampuan Linux yang setara bahkan lebih. Lingkungan sistem operasi ini dapat memproduksi Ratusan program termasuk, kompiler, interpreter, editor dan utilitas. Serta Perangkat bantu yang mendukung konektifitas, Ethernet, SLIP dan PPP, dan interoperabilitas. Produk perangkat lunak yang reliabel, termasuk versi pengembangan terakhir.

Pada zaman modern ini linux sudah berkembang pesat, pada awalnya linux dipakai hanya pada PC saja tapi dengan seiringnya waktu, linux dapat dipakai dan telah dipergunakan di berbagai peralatan dari komputer pribadi, superkomputer dan sistem benam (embedded system), seperti telepon seluler (Ponsel) dan perekam video pribadi.

KELEBIHAN – KELEBIHAN YANG TERDAPAT PADA LINUX DIBANDING DENGAN SISTEM OPERASI YANG LAIN YAITU :

1. Linux tidak bergantung kepada vendor (Vendor independence).
2. Biaya Operasi yang rendah.
3. Linux gampang sekali di dapat karena linux bersifat free sehingga tidak perlu mengeluarkan uang yang cukup besar untuk membeli lisensi source code untuk membuat suatu perangkat keras driver.
4. Kopatibilitas yang tinggi dibandingkan dengan versi unix proprietari.
5. Faktor keamanan dan kestabilannya lebih tinggi dibandingkan dengan Microsoft Windows.

Sumber :
Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.
Blog Mas Agung Budiarto.
Blog resmi Himatel IT Telkom 2010.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Uny_Wahyuni Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review