Sabtu, 20 Maret 2010

TUGAS SISTEM OPERASI YANG KE 2

Diposting oleh sri wahyuni di 09.30
Reaksi: 
WINDOWS IN CONTROL PANEL

I. PENDAHULUAN

Sistem Operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Atau dengan kata lain, sistem operasi ialah pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan pemanfaatan sumber daya komputer.
Dengan adanya sistem operasi, kita dapat melakukan aktifitas menggunakan komputer. Banyak hal yang dapat dilakukan sistem operasi untuk membantu user mengolah sumber daya komputer, dan sistem operasi yang baik harus dapat memenuhi layanan pembuatan program, eksekusi program, pengaksesan I/O device, pengaksesan terkendali terhadap berkas pengaksesan sistem, deteksi dan pemberian tanggapan pada kesalahan, serta akunting. Untuk memenuhi semua layanan itu, maka dalam sebuah sistem operasi telah disediakan fasilitas-fasilitas yang dapat melayani hal-hal di atas.
Dalam sistem operasi Windows yang akan kami bahas, fasilitas itu terdapat pada Control Panel. Karena itu untuk dapat memaksimalkan pemakaian sistem operasi Windows, kita harus mengetahui dengan baik apa saja fasilitas yang tersedia pada control panel serta cara mengoperasikannya.

II. BEBERAPA FASILITAS DAN FUNGSI PADA CONTROL PANEL

Untuk lebih memahami fasilitas-fasilitas yang ada pada Windows, berikut ini dibahas beberapa bagian dari control panel beserta fungsi-fungsinya.
1. Perangkat yang dapat diatur oleh program ini antara lain keyboard, mouse, suara(sound), tampilan(display), dan pengaturan umum lainnya

1.Keyboard
a)StickyKeys
Dengan program ini kita dapat menggunakan shortkey tanpa perlu menekan tombol shift, alt, dan control. Kita cukup menekan satu tombol keyboard saja untuk menggunakan shortkey. Misalnya untuk menebalkan tulisan biasanya kita gunkan Ctrl+B, namun dengan memberi tanda checklist pada pilihan Use StickyKeys, kita cukup menekan huruf B saja. Demikian juga dengan shortkey Save As yang biasa diakses dengan menggunakan Ctrl+S, kali ini cukup dengan menekan S saja. Namun saat mengaktifkan pilihan ini, keyboard tidak dapat digunakan untuk mengetik seperti biasa.
b)FilterKeys
Dengan mengaktifkan pilihan ini, Windows akan menolak pengulangan pengetikan tombol keyboard yang sama sehingga hasil pengetikan tidak akan ditampilkan pada monitor. Atau, tulisan akan ditampilkan namun dalam waktu beberapa lama sesuai pengaturan.
c)ToggleKey
Dengan pilihan ini, kita dapat mendengarkan bunyi peringatan saat kita menekan tombol Caps Lock, Num Lock, dan Scroll Lock.

2.Mouse
Memungkinkan kita untuk mengontrol pointer menggunakan tombol angka yang ada pada numlock. Dan kita juga dapat mengatur kecepatan pointer jika kita mengontrolnya menggunakan numeric key.

3.Sound
a.SoundSentry
Saat ada bunyi atau saat system mengeluarkan bunyi(peringatan), maka akan ada peringatan secara visual juga baik melalui kedipan layar (Flash desktop / flash active window) maupun flash active caption bar.
b.ShowSounds
Untuk memberitahu program agar menampilkan judul untuk bahasa dan suara yang dibuat oleh program yang bersangkutan.

4.Display
Untuk mengatur tampilan Windows baik dalam hal warna maupun ukuran font yang bertujuan untuk memudahkan pembacaan. Selain itu program ini mengatur ukuran kursor dan kecepatan kedipan kursor (blink rate).

2. Ditampilkan dalam bentuk Wizard (langkah-langkah). Program ini berfungsi untuk menginstall software yang mendukung hardware yang sebelumnya telah kita tambahkan pada komputer kita (misalnya driver) dan membantu menangani masalah sehubungan dengan hardware yang terhubung dengan komputer. Biasanya untuk menangani troubleshoot, kita akan dibawa ke Windows Help and Support Center.

3.Di dalamnya terdapat beberapa pilihan antara lain :

5.Change or Remove Program
Memungkinkan kita untuk mengganti atau menghapus program-program yang telah ada pada komputer. Kita juga dapat mengetahui kapasitas memori dari tiap program yang telah kita install.

6.Add New Programs
Membantu kita untuk menambah program baru yang dapat diambil melalui CD-ROM atau Floppy Disk dan melalu Microsoft (Windows Update).

7.Add/Remove Windows Component
Digunakan untuk menghapus menu-menu standar dari Windows seperti Accessories and Utilities, Fax Services, Internet Explorer, MSN Explorer, Windows Media Player, dan lain-lain.

8.Set Program Access and Default
Untuk menentukan program mana yang akan diakses dari Start Menu, Desktop, dan lokasi lainnya. Juga untuk mengkonfigurasikan program lain yang memiliki fungsi yang sama dengan program standar (program dari Windows). Misalnya pada Ms. Windows dikenal Windows Media Player, sedangkan program non-Microsoftnya adalah Winamp.

4.Terdapat 3 bagian pada menu ini, yaitu :


9.Date & Time
Untuk mengatur jam, tanggal, bulan, dan tahun pada komputer dengan standar waktu yang ditentukan / dipilih pada Time Zone.
10.Time Zone
Untuk menentukan zona / wilayah yang akan dijadikan sebagai standar perubahan waktu (date&time). Sehingga waktu pada komputer akan secara otomatis berubah sesuai perubahan waktu di wilayah yang dipilih.
11.Internet Time
Akan secara otomatis membuat sistem pengaturan waktu di komputer kita berubah mengikuti waktu internet ketika kita terhubung jaringan internet.

5.Mengatur kecepatan ketik dan kecepatan penundaan pengetikan (repeat rate dan repeat delay) saat menggunakan keyboard. Selain itu diatur juga mengenai kecepatan kedip kursor (blink rate). Selain itu, bagian ini juga memberikan informasi mengenai keyboard yang kita gunakan meliputi produksi (manufacturing), location (tempat keyboard dipasang / di-plugg-in), status keyboard saat ini, apakah bekerja dengan baik atau tidak, driver, dan bantuan jika keyboard kita bermasalah yang kemudian akan diteruskan ke Windows Help and Support Center.

12.Buttons

a.Button Configuration, untuk membuat tombol sebelah kanan mouse sebagai tombol utama yang akan digunakan untuk memilih (selecting) , dragging, dan sebagainya yang pada umumnya dilakukan oleh tombol sebelah kiri.

b.Double-Click Speed, mengatur kecepatan mouse saat melakukan double-click pada sebuah menu, folder, atau pilihan lain.

c.Turn on Click Lock, memungkinkan kita untuk memilih (menunjuk sebuah pilihan dengan pointer) atau melakukan dragging tanpa menekan tombol mouse. Untuk mengaktifkannya, beri tanda checklist pada pilihan ini. Kemudian jika kita ingin menggunakannya, tekan tombol mouse agak lama (pengaturan lama waktu untuk menekan mouse juga dapat diatur pada opsi Setting), lalu lakukan kegiatan selecting dan dragging tanpa menekan tombol mouse lagi.

13.Pointers
Digunakan untuk memilih bentuk printer yang ingin kita gunakan. Kita juga dapat menentukan bentuk printer saat dalam keadaan normal (Normal Select), sibuk (busy), memilih bantuan (Help Select), memilih text (Text Select), dan lainnya. Kita juga dapat membuat pointer seperti memiliki bayangan dengan mengaktifkan opsi Enable Pointer Shadow.

14.Pointer Options

a.Motion
Untuk menentukan kecepatan pointer dapat kita lakukan dengan memilih level dari Slow hingga Fast.
b.Snap To
Jika diaktifkan, pointer secara otomatis akan berpindah ke tombol standar jika ada sebuah kotak dialog.
c.Visibility
Dapat digunakan untuk menampilkan bayangan pointer (opsi Display pointer trails), menyembunyikan pointer saat mengetik (hide pointer while typing), dan menunjukkan lokasi / letak pointer saat kita menekan tombl Ctrl. Semuanya dapat dipilih sesuai keinginan kita dengan memberi tanda checklist di setiap opsi.
d.Wheel
Digunakan untuk menentukan banyaknya baris yang akan dilewati untuk sekali putaran (roll) mouse.
e.Hardware
Memberikan informasi mengenai mouse yang sedang digunakan meliputi produser (manufacturer), lokasi mouse dipasang, dan status mouse apakah bekerja dengan baik atau tidak. Seperti pada control keyboard, kita juga dapat meminta bantuan jika mouse kita mengalami gangguan atau masalah dengan menekan tombol Truobleshoot, dan kemudian akan dibawa menuju Windows Help and Support Center.

7.Power Schemes
a.Power Schemes
Untuk memilih pengaturan yang paling sesuai dengan komputer kita sehubungan dengan penghematan daya yang digunakan. Pilihannya dapat berupa Home/Office Desk, Portable/Laptop, Always On, dan sebagainya. Nantinya penghematan daya ini akan disesuaikan dengan Power Schemes yang kita pilih.
b.Settings for Home/Office Desk power Schemes
Diperuntukkan bagi pengaturan daya (power) komputer rumah/kantor. Untuk menghemat power, kita dapat memilih untuk Turn off monitor atau turn off hard disks. Waktu yang digunakan untuk mematikan monitor atau hard disk tersebut dapat dipilih berdasarkan pilihan yang telah ada, misalnya turn off monitor after 5mins, maka setelah 5 menit dinyalakan, monitor akan mati secara otomatis. Demikian halnya dengan hard disk.
c.Advanced
Untuk memilih pengaturan power-savings yang ingin kita gunakan.
a.Options
Memungkinkan komputer untuk selalu menampilkan icon power saving pada taskbar. Sehingga kita dapat mengetahui aktif tidaknya power saving kita.
b.Power Buttons
Untuk memilih apa yang harus dilakukan komputer ketika kita menekan tombol power pada komputer. Komputer dapat melakukan 1 dari 3 pilihan yaitu ketika kita menekan power button, komputer dapat mati (shutdown), menanyakan dulu kepada user apa yang dapat dikerjakan selanjutnya setelah user menekan power button (Ask me what to do), dan pilihan ketiga adalah komputer tidak melakukan apa-apa ketika power button ditekan (do nothing).
c.UPS (Uninterruptible Power Supply)
d.Status
Menampilkan status dari sumber daya (power source) yang kita gunakan sebagai pengganti power supply, misalnya baterai.
e.Details
Menginformasikan mengenai produser dan model dari daya pengganti (misalnya baterai) yang kita gunakan untuk mengganti power supply.

f.Regional Options
g.Standards and Formats
Untuk menyesuaikan dengan program-program komputer yang ada tentang bagaimana program tersebut menggunakan format nomor (numbers), mata uang (currencies), tanggal (date), dan waktu (time). Kita tinggal memilih wilayah mana yang ingin kita jadikan standar / patokan bagi program-program tersebut untuk memformat hal-hal yang tersebut di atas.
h.Location
Untuk membantu kita mendapatkan informasi lokal seperti berita dan cuaca sesuai lokasi yang kita pilih.
i.Languages
j.Text Services and input languages
Untuk melihat atau mengganti bahasa dan metode yang kita gunakan untuk menginput text. Seperti halnya di atas, kita tinggal memilih regional yang akan menjadi standar bahasa komputer kita.
k.Supplemental language support
Untuk menambah/menginstall bahasa-bahasa lain selain bahasa standar (default) yang disediakan oleh Windows.

9.Digunakan untuk mengkonfigurasikan game controller yang telah kita install di komputer. Selain itu kita juga dapat meminta bantuan jika ada game controller yang tidak bekerja dengan baik pada opsi Troubleshoot.

10.Untuk mengatur jadwal sebuah program yang akan dijalankan oleh Windows. Kita dapat menentukan kapan program tersebut akan dijalankan dengan memilih satu dari beberapa opsi yang tersedia, antara lain Daily, Weekly, Monthly, One time only, When my computer starts, dan When I log on. Seteleah memilih satu dari opsi tersebut, kita diminta juga untuk mengatur jam, tanggal, bulan sesuai dengan opsi yang kita pilih.
Kita juga dapat mengedit schedule yang telah ada sebelumnya serta merubah pengaturannya pada Scheduled Update for Ask Toolbar.

11.Mengatur tampilan pada layar. Komponen yang dapat diatur antara lain tema (themes), desktop, screen saver, appearance, dan resolusi layar. Dengan tema kita dapat mengatur background, suara, icon dan elemen lainnya dalam satu pilihan. Jika ingin memilih salah satu gambar untuk dijadikan sebagai gambar utama pada layar, kita tinggal menggunakan Desktop. Pada screen saver, selain kita dapat mengatur gambar atau tampilan, kita juga dapat mengatur power setting and save energy untuk meminimalisir energi yang digunakan monitor.

12.Mengatur sistem komputer secara keseluruhan meliputi hardware, user, automatic updates (security), dan informasi mengenai keadaan komputer itu sendiri.

13.Untuk mengatur akun user serta mengganti password. Panel ini juga memungkinkan kita untuk membuat lebih dari satu account jika komputer yang bersangkutan digunakan oleh lebih dari satu user (shared computer). Dengan pembuatan lebih dari satu account, kita sebagai admin dapat menentukan file atau data apa saja yang dapat diakses oleh user lainnya, sehingga data atau file pribadi kita tidak dapat diketahui oleh user lain.


III. CONTOH PENGGUNAAN CONTROL PANEL

Untuk lebih memahami penggunaan control panel, berikut ini kami berikan beberapa contoh cara penggunaannya, antara lain :
l. Membuat account user
Pilih User Account pada control panel, kemudian pilih Create a new account. Kemudian kita akan diminta untuk memasukkan nama account yang ingin kita buat, lalu menentukan tipe account tersebut, sebagai admin atau sebagai user biasa. Jika sebagai admin, kita punya hak penuh terhadap seluruh isi komputer, sedangkan jika sebagai user biasa, pengaksesan terhadap isi komputer dibatasi oleh admin.

Setelah membuat sebuah account yang diinginkan, kita dapat mengatur account tersebut sesuai keinginan, misalnya ingin merubah password, mengganti nama, memasukkan gambar, dan mengganti tipe account.

Dengan cara yang sama, kita dapat membuat account-account yang lain.

m. Mengubah tampilan desktop
Dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain dengan mengubah tema, screen saver, wallpaper, dan resolusi layar melalui program Display.
n. Mengubah bentuk pointer
Dilakukan dengan memilih menu Mouse lalu masuk ke tab Pointers. Disitu kita dapat memilih jenis-jenis pointer sesuai keinginan. Pointer tersebut dapat dipilih berdasarkan keadaannya masing-masing, misalnya dalam keadaan normal, sibuk, pengetikan, memilih link, dan sebagainya.


IV. KESIMPULAN

Dari beberapa contoh di atas, dapat kita simpulkan betapa besar peranan sebuah sistem operasi dalam pengolahan sumber daya komputer. Contoh di atas hanya sebagian kecil dari kemampuan sistem operasi Windows. Masih banyak hal yang dapat dikerjakan Windows yang belum dibahas. Terlebih lagi, seiring perkembangan waktu kemampuan sistem operasi ini akan semakin bertambah. Tugas kita adalah mempelajari dan menggali lebih dalam kemampuan sistem operasi ini sehingga nantinya kita dapat mengoptimalkan kerja sistem komputer kita.






NAMA KELOMPOK :
ALFA MARLIN
BERNADETH GRESIANA MALEWA
SRI WAHYUNI
KELAS : 2KA01

0 komentar:

Posting Komentar

 

Uny_Wahyuni Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review