Minggu, 11 April 2010

PENGATURAN MEMORI YANG DAPAT DILAKUKAN OLEH WINDOWS XP DAN CARA SETTING VIRTUAL MEMORI PADA WINDOWS XP.

Diposting oleh sri wahyuni di 20.17
Reaksi: 
PENGATURAN MEMORI YANG DAPAT DILAKUKAN OLEH WINDOWS XP DAN CARA SETTING VIRTUAL MEMORI PADA WINDOWS XP.
Sebelum kita bahas bagaimana cara mengatur virtual memori pada windows XP, kita harus mengetahui apa itu memori dan berguna untuk apa virtual memory itu ?
Memory adalah sebuah alat penyimpanan seperti  RAM atau ROM yang dapat menyimpan serta mengakses kembali file yang telah disimpan. Sedangkan Virtual memory adalah suatu mekanisme pada komputer yang menggunakan ruang harddisk untuk seolah-olah (virtual) berfungsi sebagai memory. Ruang pada harddisk yang dipakai sebagai virtual memory ini disebut dengan page file (swap file). Jika kapasitas RAM sudah penuh oleh data-data dari aplikasi/program yang sedang berjalan di komputer maka data - data tersebut akan disimpan sementara pada page file.
Data proses yang berada di page file ini sewaktu-waktu dapat dipindahkan dan diproses kembali di RAM apabila aplikasi/program yang bersangkutan membutuhkannya. Dengan cara ini, kerja RAM bisa menjadi lebih ringan sehingga komputer bisa bekerja lebih cepat.
Berikut ini cara setting virtual memory :
1. Klik kanan My Computer lalu pilih Properties
2. Setelah masuk system properties pilih tab advance, lalu klik tombol setting pada kolom performance
3. Setelah masuk performance option pilih tab advance lagi, lalu pilih change pada kolom virtual memory
4. Kemudian ubah angka pada initial size menjadi 2 atau 3 kali lipat ukuran RAM yang sebenarnya (physical RAM) , maximal yang dianjurkan 3 kali lipat.
5. Jika sudah, klik tombol set lalu tekan tombol OK kemudian restrat komputer
Untuk mengakses pengaturan virtual memori dapat dilakukan dengan cara berikut ini :
1.       Start  > control panel  > system  atau
2.       start > run > kettikan “sysdm.cpl” (tanpa kutip) > ok
Beberapa hal yang perlu diperhatikan serta cara pengaturan page file pada Windows XP adalah sebagai berikut :
  1. Jika hanya ada satu harddisk di komputer maka letakkan page file di partisi yang jarang diakses dan tidak berisi sistem operasi Windows. Namun jika ada dua harddisk maka letakkan page file di harddisk yang tidak berisi system operasi Windows. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses baca/tulis data
  2. Partisi harddisk yang berisi page file sebaiknya dalam format NTFS
  3. Ukuran page file yang direkomendasikan adalah 1,5 kali kapasitas RAM yang terpasang di komputer. Jadi, seandainya RAM yang terpasang di komputer berkapasitas 256MB maka ukuran page file-nya adalah 256 x 1,5 = 384 MB. Kemudian isikan nilai tersebut pada kotak Initial Size dan Maximum Size. Pengaturan page file yang sama ukurannya pada Initial Size dan Maximum Size ini biasa disebut dengan static size.



Gambar diatas merupakan contoh pengaturan page file untuk RAM 1GB
  1. Untuk mendapatkan kinerja virtual memory yang lebih baik, ukuran page file dapat diatur secara dinamik seperti berikut. Atur Initial Size sebesar 1,5 kali kapasitas RAM dan Maximum Size sebesar 3 kali kapasitas RAM. Jadi, seandainya RAM yang terpasang di komputer berkapasitas 256MB maka ukuran page file untuk :
    1. Initial Size adalah 256 x 1,5 = 384 MB, dan
    2. Maximum Size adalah 256 x 3 = 768 MB

Sumber            :  

0 komentar:

Posting Komentar

 

Uny_Wahyuni Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review