Jumat, 02 April 2010

WIMAX VS 3G

Diposting oleh sri wahyuni di 03.35
Reaksi: 
APAKAH BENAR WIMAX BISA MENGALAHKAN 3G??
Dipakai untuk apa ??

WiMAX, (Worldwide Interoperability for Microwave Access) merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access atau disingkat BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Disamping kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga merupakan teknologi dengan open standar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX diantara beberapa vendor yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan kecepatan data yang besar (sampai 70 MBps), WiMAX dapat diaplikasikan untuk koneksi broadband ‘last mile’, ataupun backhaul.
WiMax terdiri dari dua layanan yakni Fixed WiMax yang mengacu pada pemanfaatan teknologi untuk terminal yang berposisi tetap. Sedangkan Mobile WiMax mengacu pada teknologi nirkabel pita lebar untuk perangkat komunikasi bergerak. Dinyatakan pula pada tahap awal akan diterapkan untuk layanan fixed dengan teknologi IEEE 802.16d. Seperti diketahui bahwa WiMax dengan standar IEEE 802.16 terdiri atas 802.16a/d revisi untuk fixed, 802.16e untuk mobilitas terbatas (nomadic), dan 802.20 untuk mobilitas yang penuh.

Kelebihan wimax dibandingkan 3G yaitu :
1. WiMax memiliki kecepatan transfer data hingga 70 Mbps dan jarak jangkauan hingga 50 km.
2. WiMAX merupakan teknologi broadband wireless acess yang menawarkan standar open, dengan aplikasi fixed dan mobile (portable).
3. Lisensi WiMAX berbasis regional, bukan nasional seperti 3G sehingga biaya lisensi lebih murah dan akhirnya mudah diterima pasar.
4. Terminal WiMAX akan embedded di consumer goods, seperti computer notebook, smart phone dan PDA. Karena didukung oleh banyak pihak yang setingkat otorisasinya kemungkinan WiMAX lebih cepat diterima pasar.
5. WiMAX sangat cocok untuk kondisi low mobility namun high bandwidth. Sedangkan 3G diperuntukkan untuk high mobility dengan data rate yang rendah.

Kesimpulan :
- Dapat diambil kesimpulan bahwa keunggulan WiMAX yaitu terlihat dari sisi kecepatannya.
- WiMAX sangat cocok digunakan untuk pelanggan dengan tingkat mobilitas yang rendah namun kebutuhan bandwidthnya tinggi.
- 3G fokus pada pelanggan dengan tingkat kebutuhan mobilitas tinggi sedangkan kebutuhan bandwidthnya lebih rendah.
- Dari sisi time to market 3G mendahului dibanding dengan WiMAX.
- Dalam perkembanganya 3G dikembangkan untuk pelanggan personal sedangkan WiMAX awalnya dikembangkan untuk bachaul, akses, baru ke personal.

Namun bila difokuskan pada kemampuan mobility-nya, 3G masih unggul dibanding WiMAX. Apalagi saat ini (tahun 2005) WiMAX baru difokuskan untuk pelanggan fixed dan baru tahun 2006 mulai difokuskan untuk pelanggan bergerak (nomadic).

sumber :
- http://www.wimaxforum.com/
- http://www.airspan.com/
- http://www.alvarion.com/
- http://www.wimaxxed.com/
- http://www.srtelecom.com/
- Artikel ”Sekilas Tentang WiMAX”; Gunadi Dwi Hantoro
- 3G atau WiMAX, artikel dari majalah EbizzAsia (Juli 2005)
- http://www.ristinet.com/index.php?ch=8&lang=&s=f657b2cbb381e29ddd9c17837e083549&n=312

0 komentar:

Posting Komentar

 

Uny_Wahyuni Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review