Sabtu, 29 Mei 2010

PERMINTAAN, PENAWARAN, DAN KESEIMBANGAN

Diposting oleh sri wahyuni di 01.05
Reaksi: 

PERMINTAAN, PENAWARAN, DAN KESEIMBANGAN
Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu.
Permintaan dapat digolongkan menjadi 3 yaitu :
1.Permintaan Absolut
Permintaan absolut adalah permintaan yang tidak didukung oleh daya beli tetapi lebih merupakan angan – angan dan setiap orang dapat di pastikan mempunyai permintaan absolut. Contohnya : meskipun anda seorang mahasiswa tentu anda ingin memiliki mercedes benz S 600 atau ingin liburan ke hawai.
2.Permintaan Potensial adalah permintaan yang akan diwujudkan dengan sejumlah uang yang dimiliki. Artinya, permintaan yang didukung oleh daya beli tetapi belum dilaksanakan. Contohnya : dengan uang yang dimiliki sebesar Rp 250.000,00 amir ingin mengikuti privat bahasa inggris dan dia sedang memilih lembaga kursus yang akan diikuti.
3.Permintaan efektif
Permintaan efektip adalah permintaan terhadap barang atau jasa yang dilakukan sesuai dengan daya beli yang dimilki. Contoh : Amir mengikuti kursus di Primagama dengan biaya Rp 500.000,00

a.Permintaan individu (Perorangan) adalah permintaan orang perorang terhadap suatu produk tertentu. Permintaan individu ditentukan oleh hal – hal berikut : harga, pendapatan, harga barang lain yang berkaitan, selera dan ekspektasi.
b.Permintaan Pasar adalah penjumlahan dari semua permintaan individu. Misalnya di pasar terdapat tiga konsumen dengan permintaan masing – masing 30,20, dan 70 unit maka permintaan pasar adalah 120 unit.
HUKUM Permintaan menjelaskan hubungan antara perubahan harga terhadap perubahan barang yang diminta. Hukum permintaan menyatakan bahwa antara harga dan jumlah barang yang diminta berbanding terbalik. Artinya jika harga naik akan menyebabkan jumlah barang yang diminta akan turun, dan sebaliknya bila harga turun akan menyebabkan jumlah barang yang diminta naik, dengan syarat Ceteris Paribus.
Perubahan permintaan
Dalam hukum permintaan disebutkan adanya ceteris paribus (faktor – faktor lain tetap atau konstan). Namun adakalanya, faktor lain ini mengalami perubahan. Perubahan faktor lain ini tentu menimbulkan perubahan permintaan. Faktor yang menimbulkan perubahan adalah sebagai berikut : perubahan pendapatan konsumen, perubahan harga barang yang berkaitan, perubahan selera, perubahan intensitas kebutuhan, perubahan harapan dimasa yang akan datang (expectation).  

Penawaran adalah sejumlah barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual (Produsen) pada berbagai tingkat harga dan dalam waktu tertentu.
Penawaran Individu dan Penawaran Pasar
Seperti halnya permintaan penawaran juga mempunyai penawaran individu dan penawaran pasar. Penawaran pasar merupakan penjumlahan penawaran individu. Jumlah yang ditawarkan masing – masing produsen berbeda oleh karena itu untuk menentukan hal tersebut dapat dilihat dari : harga, harga input (faktor produksi), teknologi, ekspektasi produsen.
Perubahan penawaran dapat disebabkan oleh faktor – faktor berikut ini : perubahan biaya produksi, teknologi yang digunakan, harapan mendapatksn laba, harapan masa yang akan datang (expectation).
HUKUM Penawaran menyatakan hubungan antara harga barang  / jasa dengan jumlah yang ditawarkan positif . artinya bila harga naik maka jumlah yang ditawarkan juga naik. Demikian pula sebaliknya jika harga turun maka jumlah yang ditawarkan juga mengalami penurunan.
HARGA KESEIMBANGAN (Equilibrium Price)

Harga keseimbangan atau disebut jugs harga pasar adalah harga yang terbentuk pada tingkat dimana jumlah yang diinginkan penjual maupun pembeli adalah sama. Secara grafis dapat digambarkan sebagai berikut :



Pasar yang tidak berada dalam keseimbangan disebabkan oleh : kelebihan penawaran dan kelebihan permintaan.
Perubahan harga keseimbangan
Keadaan keseimbangan dipasar adalah suatu keadaan yang tergantung kepada kondisi – kondisi permintaan dan penawaran yang berlaku pada saat – saat tertentu. Pasar hanya dapat dikatakan dalam keadaan keseimbangan selama kondisi – kondisi permintaan penawaran tidak ada perubahan. Jika salah satu kondisi apakah kondisi permintaan atau kondisi penawaran atau kedua – duanya berubah, maka mengakibatkan harga pasar bergeser dari keadaan akuilibrium yang ada ke keadaan yang baru.
Sumber                       : 
Buku paket Ekonomi 1 kelas 1 SMA Pengarang Yudhistira.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Uny_Wahyuni Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review