Rabu, 02 Juni 2010

ELASTISITAS HARGA DALAM EKONOMI

Diposting oleh sri wahyuni di 03.02
Reaksi: 

ELASTISITAS HARGA DALAM EKONOMI

1.Konsep dasar Elastisitas
Menurut M. Suparmoko dan Maria R. Suparmoko elastisitas menunjukkan tanggapan dari variabel tidak bebas karena adanya perubahan dalam variabel bebas tertentu. Besarnya koefisien elastisitas ini ditunjukan oleh perbandingan antara persentase perubahan dalam variabel tidak bebas yang mempengaruhinya. Elastisitas secara umum adalah suatu pengertian yang menggambarkan derajat kepekaan/respon dari jumlah barang yang diminta/ ditawarkan akibat perubahan faktor yang mempengaruhinya.
Dalam hal permintaan atau penawaran akan suatu barang / jasa terdapat 3 macam elastisitas, yaitu elastisitas permintaan / penawaran karena perubahan harga, karena perubahan pendapatan, dan karena perubahan harga barang lain yang mempunyai hubungan dengan barang / jasa yang dibicarakan.
2.Elastisitas Harga dari Permintaan (Price Elasticity)
Elastisitas Harga dari permintaan adalah tingkat kepekaan perubahan jumlah barang / jasa yang diminta terhadap perubahan harga. Untuk menentukan besarnya elastisitas harga dari permintaan adalah dengan membagi persentase perubahan jumlah barang yang diminta dengan persentase perubahan harga barang tersebut. Dalam rumus dapat kita tuliskan :
Koefisien Elastisitas Harga dari permintaan =
persentase perubahan jumlah barang / jasa yang diminta
                        Persentase perubahan harga

Rumus diatas dapat juga kita sederhanakan menjadi :
Ed  = ΔQ : ΔP = - ΔQ x P
           Q      P        ΔP    Q

Kett :
P          = Harga mula – mula
Q         = Jumlah yang diminta mula – mula
 ΔQ      = Perubahan jumlah yang diminta
ΔP       = Perubahan harga

3.Macam – Macam Sifat Elastisitas Harga dari permintaan
a.Permintaan Elastis (Ed > 1)
   Apabila diperoleh Ed>1 maka sifat permintaan dikatakan elastis. Hal ini berarti konsumen peka terhadap perubahan harga barang atau perubahan harga sebesar 1% menyebabkan terjadinya perubahan jumlah yang diminta lebih dari 1%. Barang – barang yang mempunyai sifat permintaan yang elastis adalah barang – barang yang mempunyai pengganti (subtitusi) dan barang – barang elektronik seperti DVD,VCD dan TV. 
b.Permintaan Elastisitas sempurna (Ed=~)
Suatu barang / jasa disebut memiliki elastisitas sempurna bila memiliki koefisien tak terhingga. Hal ini berarti pada harga tetap besarnya permintaan tak terhingga. Dengan demikian pada harga tertentu, jumlah yang diminta konsumen mencapai tak terhingga atau berapapun persediaan barang / jasa yang ada akan habis diminta oleh konsumen. Salah satu komoditas yang memiliki ciri ini adalah bahan bakar minyak (BBM).

ΔQ = ~
ΔP = 0
Ed = ΔQ  x  P
         ΔP      Q
     = ~  x  P
        0      Q
     = ~

c.Permintaan Inelastis (Ed < 1)
pada jenis elastisitas ini konsumen kurang peka terhadap perubahan harga. Artinya, meskipun harga naik atau turun masyarakat akan tetap membelinya. Barang yang mempunyai elastisitas yang inelastis adalah barang – barang kebutuhan pokok dan barang – barang yang tidak mempunyai pengganti (Subtitusi).
Ed<1 berarti perubahan harga sebesar 1% menyebabkan perubahan jumlah barang yang diminta kurang dari 1%.
d.Permintaan Inelastis sempurna (Ed=0)
untuk barang yang sangat penting sekali (kebutuhan yang sangat pokok), berapa pun perubahan harga tidak akan mempengaruhi jumlah barang yang diminta.kurva jenis elastisitas ini akan berbentuk garis lurus yang sejajar dengan sumbu vertikal (sumbu P).
e.Permintaan Elastis Uniter (Ed=1)
Elastisitas permintaan ini mengandung arti bahwa perubahan harga sebesar 1% menyebabkan terjadinya perubahan jumlah barang yang diminta sebesar 1%.
4.Faktor – Faktor yang mempengaruhi Elastisitas Harga dari Permintaan
a.ketersediaan barang subtitusi atas suatu barang dan juga semakin tinggi tingkat kemampuannya mensubtitusi,maka permintaan tersebut semakin elastis.
b.intensitas kebutuhan (desakan kebutuhan)
c.Pendapatan konsumen.
d.Tradisi
6.Macam – macam Elastisitas Penawaran
a. Penawaran Elastis (Es>1)
penawaran yang elastis mengandung arti bahwa penjual peka (sensitif) terhadap perubahan harga yaitu adanya perubahan harga sebesar 1% menyebabkan terjadinya perubahan jumlah yang ditawarkan lebih dari 1%.
b.Penawaran elastis sempurna (Es =~)
pada harga tertentu jumlah barang yang ditawarkan tidak terbatas atau perubahan harga 0% menyebabkan terjadinya perubahan jumlah barang yang ditawarkan lebih dari 0%. Kurvanya berupa garis lurus yang sejajar dengan sumbu horizontal (sumbu Q).
c.Penawaran Inelastis (Es <1)
penawaran Inelastisitas ditandai dengan penjual yang tidak / kurang peka terhadap perubahan harga. Perubahan harga sebesar 1% menyebabkan terjadinya perubahan jumlah barang yang ditawarkan kurang dari 1%. Bila Es = ¼ dan kenaikan harga sebesar 20% hanya akan menimbulkan pertambahan jumlah yang ditawarkan sebanyak ¼ x 20% = 5%.
d.Penawaran Inelastis Sempurna (ES = 0)
Penawaran Inelastis sempurna ditandai oleh perubahan harga yang tidak mempengaruhi jumlah barang yang ditawarkan. Pada tingkat harga berapapun julah barang yang ditawarkan tetap
e.Penawaran Elastis satuan
jenis Elastis ini ditandai oleh persentase perubahan harga sama dengan persentase perubahan jumlah barang yang ditawarkan.
7.Faktor – faktor yang mempengaruhi Elastisitas harga dari penawaran.
a.waktu
b.daya tahan produk
c.kapasitas produk
sumber : buku paket Ekonomi SMA kelas 1 pengarang yudhistira

0 komentar:

Posting Komentar

 

Uny_Wahyuni Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review