Sabtu, 14 November 2009

PENTINGNYA BERSOSIALISASI

Diposting oleh sri wahyuni di 05.29
Pentingnya bersosialisasi


Apa itu sosialisasi??
Seperti yang sudah kita ketahui manusia didunia ini tidak hidup seorang diri tetapi seorang manusia pasti membutuhkan manusia lain untuk menyambung hidup. Dari sini kita bisa lihat betapa pentingnya bersosialisasi dengan orang lain. Sosialisasi itu sendiri mempunyai arti yaitu sebuah proses pengenalan manusia dengan manusia lain yang bertujuan untuk saling mengerti dan mengenal individu yang satu dengan individu yang lain. Bersosialisasi tidak harus dengan orang yang sudah kita kenal tetapi kita dapat bersosialisasi dengan orang lain yang sebelumnya belum pernah kita kenal, bersosialisasi juga sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia karena dengan adanya sosialisasi kita dapat mengenal banyak karakter manusia, kepribadian manusia, dan mempunyai banyak teman.
Dengan adanya sosialisasi antar individu yang satu dengan individu yang lain dapat terbentuk berbagai macam organisasi, lembaga, dan kelompok.Bersosialisasi dapat dilakukan dengan berbagai tempat seperti bersosialisasi dengan lingkungan masyarakat umum, perkantoran, dan lain sebagainya. Adapun faktor – faktor yang dapat mendorong terjadinya sebuah interaksi sosialisasi yaitu :
1. Tindakan sosial
Tindakan sosial merupakan kenyataan sosial yang paling mendasar, dan menyangkut komponen – komponen dasarnya yaitu berupa tujuan, alat, kondisi, nilai, dan norma sosial.
Menurut max weber tindakan sosial yaitu : tindakan seorang individu yang dapat mempengaruhi individu – individu lainnya dalam masyarakat.
2. Kontak sosial
Kontak sosial merupakan suatu interaksi yang berhubungan, berhadapan secara langsung antara individu yang satu dengan individu yang lainnya yang salah satunya menanggapi suatu pesan yang di sampaikan.
3. Komunikasi sosial
Komunikasi berasal dari bahasa latin yaitu communicare yang berati berhubungan, jadi komunikasi sosial merupakan suatu informasi / pesan yang pada dasarnya bagaimana pesan tersebut diproses.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa bersosialisasi itu sangat penting sekali karena dengan bersosialisasi kita dapat mengenal,berinteraksi, serta berhubungan baik dengan banyak individu – individu (manusia) yang lain.

3 komentar:

nady syafinah mengatakan...

yuk bersosialisasi...
nanti aja ya follownya pas kamu semester 4.. hehehe...

Zhafira mengatakan...

Terimakasih kak artikelnya, bermanfaat buat tugas aku hehe

Anonim mengatakan...

maksih infonya...

Posting Komentar

 

Uny_Wahyuni Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review