Senin, 06 Desember 2010

JAVA

Diposting oleh sri wahyuni di 19.23
Reaksi: 

JAVA

JAVA adalah sebuah teknologi yang diperkenalkan oleh Sun Microsystems pada pertengahan tahun 1990. Menurut definisi dari Sun, Java adalah nama untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada komputer standalone ataupun pada lingkungan jaringan. Bahasa Java merupakan bahasa yang interpreted, bukan compiled. Sebuah program dalam bahasa Java dirakit (compiled) menjadi sebuah berkas byte-code. Berkas byte-code inilah yang dijalankan (interpreted) oleh sebuah virtual machine, yang disebut Java Virtual Machine (JVM). Teknologi Java memiliki tiga komponen penting, yaitu:
  • Programming-language specification
  • Application-programming interface
  • Virtual-machine specification

KELEBIHAN JAVA
  • Multiplatform. Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode) sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan diatas operating system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS dan Sun Solaris. Penyebanya adalah setiap sistem operasi menggunakan programnya sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs Java) untuk meninterpretasikan bytecode tersebut.
  • OOP (Object Oriented Programming - Pemrogram Berorientasi Objek) yang artinya semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis oebjek secara murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar yang disebut Object. Hal ini sangat memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir. Kelebihan ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemograman termudah, bahkan untuk fungsi fungsi yang advance seperti komunikasi antara komputer sekalipun.
  • Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal dengan kelengkapan library/perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi.
  • Bergaya C++, memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman [C++] sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java. Universitas-universitas di Amerika juga mulai berpindah dengan mengajarkan Java kepada murid-murid yang baru karena lebih mudah dipahami oleh murid dan dapat berguna juga bagi mereka yang bukan mengambil jurusan komputer.
  • Pengumpulan sampah otomatis, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).

PERBANDINGAN JAVA DENGAN BAHASA C (C++)
  1. C++ dirancang terutama untuk pemrograman sistem, dan merupakan perluasan dari pemrograman C. C++ termasuk pemrograman procedural yang didesain untuk melakukan eksekusi secara efisien, C++ juga telah ditambahkan dukungan untuk pemrograman berorientasi obyek, penanganan eksepsi, manajemen sumber daya scoped, dan pemrograman generik, pada khususnya. C++ juga telah ditambahkan sebuah library standar yang mencakup kontainer generik dan algoritma. Sedangkan Java diciptakan awalnya untuk mendukung komputasi jaringan. Hal ini bergantung pada mesin virtual yang menjadikannya aman dan sangat portabel. Hal ini digabungkan dengan sebuah library lengkap yang dirancang untuk memberikan abstraksi lengkap dari platform yang mendasarinya. Java adalah bahasa berorientasi objek statis mengetik yang menggunakan sintaks yang mirip dengan C, tapi tidak kompatibel dengannya. Ia dirancang dari awal, dengan tujuan yang mudah digunakan dan diakses oleh khalayak yang lebih luas.
  2. Sebagaimana tertera di point pertama C++ merupakan pemrograman prosedural juga pemrograman berorientasi objek, berbeda dengan Java yang memang murni pemrograman berorientasi objek.
  3. C++ memungkinkan untuk melakukan pemanggilan langsung ke library dari sistem, sedangkan Java pemanggilan melalui Java Native Interface ataupun yang terbaru Java Native Access.
  4. Berhadapan langsung dengan fasilitas tingkat rendah dari sistem, sedangkan Java berjalan di mesin virtual.
  5. Manajemen memori Eksplisit, meskipun ada framework (kerangka kerja) pihak ketiga untuk melakukan pengumpulan sampah (garbage collection), serta mendukung desktruktor. Pada Java, garbage collection secara otomatis (bisa dilakukan secara manual) dan tidak memiliki konsep destruktor.
  6. Multiple inheritance, termasuk warisan virtual. Sedangkan di Java single warisan dari kelas, dan interface bisa multiple.
  7. Terdapat mekanisme fungsi pointer, di Java tidak ada mekanisme tersebut. Sebailiknya Interface, Adapter dan Listeners banyak digunakan.
  8. Tidak ada dokumentasi standar sedangkan di Java ada Javadoc sebagai standar dokumentasi.

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar

 

Uny_Wahyuni Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review