Senin, 13 Desember 2010

PENGERTIAN DAN SEJARAH PHP

Diposting oleh sri wahyuni di 19.54
Reaksi: 
PENGERTIAN DAN SEJARAH PHP

Seperti yang kita ketahui pemrograman jenis ini merupakan bahasa pemrograman yang berfungsi untuk pembuatan halaman web.

PENGERTIAN PHP

PHP (Hypertext Markup Language) merupakan suatu bahasa pemrograman yang berbasis Web Server untuk membuat halaman web dinamis. PHP digunakan untuk membuat aplikasi Web yang disusun oleh kode – kode (sintaks) yang diatur berdasarkan algoritma program yang dibuat.

SEJARAH PHP

PHP sendiri merupakan kependekan dari Personal Home Page atau Situs Personal. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. pada awalnya PHP bernama FI (Form Interpreted) yaitu sekumpulan Script untuk mengolah data “Form” dari Web.

Pengkodean yang dibuat oleh Rasmus kemudian dijadikan “Open Source” sehingga banyak para programmer tertarik untuk mengembangkan dan menggunakan bahasa pemrograman PHP yang kemudian interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C dan disertakan modul-modul ekstensi untuk meningkatkan kemampuan PHP/FI.


Pada perkembangannya sekitar tahun 1997, Zend menulis ulang interpreter PHP sehingga menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP dirubah menjadi akronim berulang “PHP: Hypertext Preprocessing”.


Pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai pada awal abad ke-21. Versi ini banyak dipakai disebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi.


Dalam rentang waktu 5 tahun yakni pada juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Dalam versi ini dilengkapi dengan memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.


Sumber            :

0 komentar:

Posting Komentar

 

Uny_Wahyuni Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review